Saturday, August 18, 2012

Hiu Paus Macan terdampar di Pantai Parangkusumo

Beberapa waktu yang lalu ada kabar berita bahwa ada hiu paus yang terdampar di Pantai Baru Pandansimo. Kabar ini sempat menggemparkan warga Bantul dan sekitarnya sehingga banyak orang yang penasaran untuk melihatnya. Toh peristiwa ini terjadi di bulan suci Ramadhan 1433 H, banyak juga yang berduyun-duyun untuk melihat peristiwa langka ini.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, di Pantai Parangkusumo juga ada hiu paus yang terdampar dan menjadi tontonan para warga. Tepatnya pada hari Minggu tanggal 5 Agustus 2012 pagi hari pas bulan puasa ini saya sempatkan untuk sekadar jalan-jalan melihat peristiwa langka ini.


Ternyata benar sekali, hiu paus yang sering disebut hiu paus macan ini tergeletak sudah tak bernyawa di pinggiran pantai Parangkusumo, atau tepatnya di timur pantai Depok Parangtritis.

Lihat saja pada gambar : Gambar ini saya ambil di pantai Parangkusumo pada pagi hari sekitar jam delapanan. Hiu paus sudah dikerumuni banyak orang dengan dibatasi dengan pagar rafia dipinggirnya agar pengunjung dapat melihat dengan tertib. Tak terbayang berapa banyak orang yang melihat hiu paus terdampar pada waktu itu, yang jelas banyak sekali :)

Dari kabar yang beredar di masyarakat, hiu paus yang terdampar di pantai Baru Pandansimo telah menjalani proses pengawetan, dan juga akan dibangun museum di pantai tersebut. Untuk hiu paus yang terdapat di pantai Parangkusumo pada hari Senin tanggal 6 Agustus 2012 siang hari dinyatakan hilang setelah terseret gelombang pasang, padahal sebelumnya akan dilakukan evakuasi penguburan hiu paus tersebut.

Entahlah ini peristiwa apa hingga membuat ekosistem di alam tergoncang dan menyebabkan makhluk hidup mati. Apakah kesalahan manusia atau memang dunia ini sudah tua? Hanya Tuhan yang tau dan Maha Tau. Kita hanya bisa berdoa, menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Semoga hal ini dapat menjadi pelajaran dan renungan untuk kita semua :)



Share this article :
About Me
Tirta Wahyu, memiliki hobi gowes bersepeda dan menyukai travelling. Bloging untuk belajar dan bertukar informasi dengan sesama netizen di seluruh dunia. Salam kenal ^_^
Follow me on:
Instagram @tirtawahyu
Twitter @tirtawa

Post a Comment

Komentar akan langsung muncul tanpa moderasi, namun komentar berbau SPAM seperti:
> promosi produk atau kampanye
> menggunakan keyword di form nama
> mencantumkan link aktif di form komentar
> memakai shortlink di form url/bukan url home page
Akan dianggap sebagai SPAM, dan masuk di folder spam, atau bisa juga komentar saya hapus. Mari berkomentar dengan bijak! Gunakan emoticon diatas ya sob! Matur thanks! :D

Follow Me

Blogger Friends