Wednesday, March 20, 2013

Merakit sepeda MTB Scott sendiri secara bertahap

Merakit sepeda MTB sendiri merupakan keinginan saya sejak dulu. Setelah sekian lama "ngonthel" dengan sepeda klasik, sekaranglah saatnya untuk berubah.hehee. Bagaimana tidak, ngonthel pakai sepeda klasik dengan jarak yang jauh membuat pantat dan pinggang terasa sakit. Maka dari itulah saya bolak-balik mencari frame sepeda yang tepat untuk saya.

Semua toko online di internet sudah saya obrak-abrik namun belum juga menemukan frame sepeda yang saya cari sesuai selera saya. Sampai akhirnya saya keliling kota Jogja dan menemukan sebuah toko sepeda yang hanya menyediakan khusus sepeda rakitan dan fullbike. Toko tersebut menyediakan frame atau rangka sepeda sport dalam berbagai merk biasa sampai merk yang terkenal dan berbagai aksesoris sepeda gunung lainnya seperti fork depan, wheel set, group set, sedel, helm sepeda, dan lain-lain.

Di toko tersebut saya berkonsultasi bagaimana merakit sepeda MTB dan berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk merakitnya. Saat saya bertanya "berapa biaya merakit MTB mas?" pemilik toko bilang "tergantung frame sama aksesorisnya mas, bisa 2-3jutaan dan kalo standarnya bisa sampai 3 juta atau lebih. Wow itu baru yang biasa bro belum yang luar biasa mahalnya. Terus bagaimana saya mempunyai uang sebanyak itu untuk merakit MTB? Terlalu berat bagi saya untuk membeli dan merakit MTB beserta aksesorisnya secara bersamaan. Akan tetapi sang pemilik toko yang notabene adalah mantan atlet sepeda Jogja itu memberikan beberapa pilihan. Setelah ngobrol panjang lebar, akhirnya saya memutuskan untuk merakit sepeda dengan membeli part secara satu per satu sambil saya mengumpulkan uang.

Mungkin anda mulai bertanya, kenapa tidak beli sepeda MTB yang langsung jadi aja? Jadi begini bro! Sepeda fullbike yang langsung jadi dan langsung pakai itu kita dapatnya ya seperti itu saja. Kurang serem dan kurang gagah menurut saya. Berbeda dengan sepeda rakitan sendiri, kita bebas untuk menggunakan part dan aksesoris sepeda sesuai dengan selera kita sendiri. Mau dibuat bagaimanapun juga terserah!hehee. Yang penting ada budget yang mencukupi nanti juga pasti jadi bro!

Berikut saya jabarkan bagaimana saya merakit sepeda sendiri dari awal pertama membeli frame dan aksesoris lainnya. Silahkan di follow up sampai saya berhasil merakitnya.

Pembelian frame bermerek SCOTT Scale 70

Melalui pertimbangan yang matang dan kebimbangan yang amat panjang, akhirnya saya memutuskan untuk membeli frame/rangka bermerek Scott seri Scale 70. Frame ini terbilang cukup murah dengan harga 600 ribuan dibandingkan dengan frame lainnya yang mahal, seperti frame bermerek Giant yang harganya sampai 3 juta lebih, namun saya juga tidak mengetahui status keaslian frame tersebut. Frame Scott adalah frame yang terbaik menurut saya, karena memiliki rangka yang kekar dan sedikit berlekuk. Tidak hanya itu, frame Scott yang terbuat dari logam campuran ini cukup ringan dibandingkan dengan frame lainnya. So, ini frame Scott pilihan saya sob dengan warna hitam lis merah dan putih idaman saya.


Jangan kemana-mana ya sob! Tetap stay tune dan follow up artikel merakit sepeda MTB ini, nantinya akan saya update artikel ini untuk meneruskan proses merakit MTB idaman saya. Tunggu ya! ^_^

Coming soon >> pembelian aksesoris dan proses perakitan
Share this article :
About Me
Tirta Wahyu, memiliki hobi gowes bersepeda dan menyukai travelling. Bloging untuk belajar dan bertukar informasi dengan sesama netizen di seluruh dunia. Salam kenal ^_^
Follow me on:
Instagram @tirtawahyu
Twitter @tirtawa

14 comments

Anonymous May 1, 2013 at 1:51 PM admin

belinya di toko apa gan? alamatnya? trus habis brp?

anang purwanto May 25, 2013 at 2:56 AM admin

maaf bang, nama toko n alamatnya mana ya?

anang purwanto May 25, 2013 at 9:58 AM admin

@WahTirta oke, makasih gan, besok snin lngsung meluncur ksana, :D

Wahyu Tirta September 6, 2013 at 3:55 PM admin

banyak gan toko di jogja, kalo itu di pedro pitshop timur upn,, siapkan budgetnya kurang lebih 5juta gan,, bisa lebih murah tergantung kualitas sparepartnya :D

Wahyu Tirta September 6, 2013 at 3:58 PM admin

pedro pitshop gan,, itu tempat rakit sepeda rekomendasi saya :-bd
alamat ada yang timur upn, n ada juga yang di jalan godean :D

Wahyu Tirta September 6, 2013 at 3:59 PM admin

sama2 gan :)
jangan lupa share hasil rakitannya :D

tri widarko Saptamto April 16, 2014 at 8:28 PM admin

modus mas :D

Wahyu Tirta May 4, 2014 at 2:36 PM admin

modus gmn mas tri? =D

Yuliantoro Eko Yuwono July 7, 2014 at 3:39 PM admin

Yg di timur upn sebelah mananya gan? upn yg di ring road utara kan ya? haturnuwun gan..

Tirta Wahyu August 14, 2014 at 6:23 PM admin

iya mas yuli, upn ringroad utara ketimur, selatan jalan depan toko cat wa wa wa =D

igih arianto December 12, 2014 at 12:28 PM admin

pedro di barat atau timur upn mas,,,saya naksir framenya

igih arianto December 12, 2014 at 12:29 PM admin

pedro di barat atau timur upn mas,,,saya naksir framenya

igih arianto December 12, 2014 at 12:29 PM admin

pedro di barat atau timur upn mas,,,saya naksir framenya

igih arianto December 12, 2014 at 12:30 PM admin

pedro di barat atau timur upn mas,,,saya naksir framenya

Post a Comment

Komentar akan langsung muncul tanpa moderasi, namun komentar berbau SPAM seperti:
> promosi produk atau kampanye
> menggunakan keyword di form nama
> mencantumkan link aktif di form komentar
> memakai shortlink di form url/bukan url home page
Akan dianggap sebagai SPAM, dan masuk di folder spam, atau bisa juga komentar saya hapus. Mari berkomentar dengan bijak! Gunakan emoticon diatas ya sob! Matur thanks! :D

Follow Me

Blogger Friends