Tuesday, March 19, 2013

Ngonthel bareng ke Monumen Soeharto

Monumen Soeharto terletak di dusun Kemusuk, desa Argomulyo, kecamatan Sedayu, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebuah desa tempat kelahiran sang mantan presiden kita Soeharto. Semasa kecil pak Soeharto memang dibesarkan di desa tersebut, sehingga untuk mengenang beliau maka dibangunlah Monumen Soeharto ini.


Ngonthel bareng ke Monumen Soeharto 12 Maret 2013

Seperti biasanya, bila ada waktu luang saya dan teman-teman yang tergabung dalam Paguyuban Sepeda Bongsren Gilangharjo mengadakan hari Minggu sehat. Ngonthel bareng ini tidak hanya pada hari Minggu saja, melainkan pada hari-hari libur lainnya. Dalam sebulan kami biasa ngonthel bareng 1 sampai 2 kali. Hal ini tak lepas dari peran para sesepuh desa yang sejak dahulu mendirikan paguyuban sepeda ini. Anggota paguyuban sepeda ini diantaranya simbah-simbah, bapak-bapak, ibu-ibu, dan remaja, bahkan ada yang masih anak-anak setara sekolah dasar. Entah kapan berdirinya paguyuban sepeda ini saya sendiri tidak tahu.hehhee. Dan saya pun telah mengikuti paguyuban sepeda ini sejak saya masih dibangku sekolah menengah kejuruan, sejak 2005 sampai sekarang. Dengan sepeda onthel klasik (pit jowo) saya masih mengikuti sepeda sehat ini walau kadang tidak bisa ikut karena suatu sebab. Sayangnya tidak ada dokumentasi foto selama ini.


Hari Selasa tanggal 12 Maret 2013 merupakan kesekian kalinya Paguyuban Sepeda Bongsren Gilangharjo mengadakan sepeda santai. Tepat dihari Raya Nyepi kami pun beranjak dari basecamp di dusun Bongsren Gilangharjo Pandak Bantul Yk menempuh jarak yang cukup jauh. Melewati salah satu wilayah di desa Wijirejo yaitu Gesikan, lalu melewati Pajangan dengan jalan yang naik turun. Dan akhirnya sampai Sedayu...

Jalan yang naik turun memberi tantangan tersendiri bagi kami para anggota paguyuban sepeda. Seperti yang sudah-sudah, kami sudah menjelajah ke tempat-tempat wisata seperti Goa Langse yang terletak ditebing pantai Parangtritis, Goa Cerme yang terletak diperbatasan Bantul-Gunungkidul, Waduk Sermo yang terletak di Kulon Progo, dan masih banyak yang lainnya. Semua itu memiliki medan yang cukup berat dengan jalan yang naik turun. Walau kami sebagian besar menggunakan sepeda klasik, namun kami tetap semangat untuk melalui medan tersebut.


Sampai di wilayah Sedayu kami pun istirahat sejenak untuk melepas lelah saat melewati jalan naik turun tadi. Kami beristirahat di salah satu kantor kelurahan di wilayah tersebut, saya lupa nama wilayahnya. Setelah beristirahat, makan makanan ringan dan minum kami pun melanjutkan perjalanan yang tinggal sebentar lagi sampai.

Berikut ini adalah foto para ibu-ibu yang dengan semangat mengikuti kegiatan rutin Paguyuban Sepeda Bongsren Gilangharjo. Lihat betapa asiknya ngonthel bareng ini :)


Perjalanan jauh sudah kami lalui, akhirnya sampai juga ditempat tujuan. Di sana kami disambut oleh seorang satpam dengan ramah. Ternyata tempat itu baru saja dipakai untuk melaksanakan resepsi pernikahan salah satu kerabat pak Soeharto. Tepatnya tanggal 11 maret 2013 bertepatan dengan peristiwa surat perintah sebelas Maret. Jadi, saat sampai dilokasi masih ada tenda biru yang berdiri belum dibongkar. Alhasil kami pun tetap masuk untuk sekedar berfoto bersama, dan tak lupa mendoakan arwah pak Soeharto agar tenang di-sisi-Nya. Amin.


Bagi saya, pak Soeharto adalah sosok pahlawan. Pengaruhnya begitu besar di dunia, dan juga perjuangannya melawan penjajah patut kita acungi jempol. Kontribusi pak Soeharto pada Indonesia sangatlah besar, pembangunan yang dilakukan sangat bermanfaat hingga kini. Walau banyak yang mencemoohnya, saya tetap mengidam-idamkan sosok pak Soeharto yang hebat! Beliau sangat tegas! Bagiku pak Soeharto sang pahlawan!

Tak lupa saya juga ikut berfoto di dekat patung monumen pak Soeharto untuk sekedar menjadikannya kenang-kenangan sudah pernah ke Monumen Soeharto. Setelah itu kami pulang dengan perasaan senang dan bangga bisa mengenal sejarah.

Begitulah cerita perjalanan saya dan teman-teman Paguyuban Sepeda Bongsren Gilangharjo ke Monumen Soeharto. Semoga dapat menjadi inspirasi gowes bagi teman-teman semua. Tetap semangat! ^_^
Share this article :
About Me
Tirta Wahyu, memiliki hobi gowes bersepeda dan menyukai travelling. Bloging untuk belajar dan bertukar informasi dengan sesama netizen di seluruh dunia. Salam kenal ^_^
Follow me on:
Instagram @tirtawahyu
Twitter @tirtawa

2 comments

omars September 9, 2013 at 10:36 AM admin

asyik juga pake onthel ya bro
sehat n' fresh
slam gowes

Wahyu Tirta September 9, 2013 at 1:22 PM admin

iya memang asik gan,,
pa lagi kalo banyak temennya :D
salam gowes juga :D

Post a Comment

Komentar akan langsung muncul tanpa moderasi, namun komentar berbau SPAM seperti:
> promosi produk atau kampanye
> menggunakan keyword di form nama
> mencantumkan link aktif di form komentar
> memakai shortlink di form url/bukan url home page
Akan dianggap sebagai SPAM, dan masuk di folder spam, atau bisa juga komentar saya hapus. Mari berkomentar dengan bijak! Gunakan emoticon diatas ya sob! Matur thanks! :D

Follow Me

Blogger Friends