Wednesday, February 5, 2014

Cara memperbaiki colokan DC adaptor charger laptop

Sobat pasti tau dong adaptor atau charger laptop? kan ada bagian colokan DC yang ditancapkan di laptop tuh? Nah, itu masalahnya bro! Sudah beberapa hari laptop adik saya tidak bisa dipakai gara-gara colokannya rusak. Pada bagian tengah-tengah colokan yang seharusnya ada semacam jarum tembaga untuk kutub positif, namun sayangnya jarum tersebut patah dan tidak bisa untuk men-charger atau mengisi baterai laptop tersebut. Berikut penampakannya,


Saya sempat berkeliling kota Jogja dan kota Bantul untuk menemukan colokan seperti yang saya maksud. Di beberapa toko elektronik tidak tersedia sama sekali, yang ada hanya colokan yang lebih kecil dari colokan laptop adik saya. Bingung bro!

Setelah berkeliling kesana kemari, akhirnya saya menemukan tempat servis dan jualan komputer di jalan Bantul. Tanya ada gak colokan bekas seperti ini, malah direkomendasikan untuk membeli charger universal seharga 200 ribu. Mahal amat! Padahal saat itu saya pas lagi limit, dan saya pun pulang mengurungkan niat untuk membelinya. Tanggal tua sih.hehee.

Dengan perasaan bingung saya sempatkan untuk menyandarkan raga. Sampai suatu waktu saya kepikiran, kenapa tidak saya perbaiki saja ya? Kan lebih murah daripada harus beli charger :D

Nah dari hal itu saya mulai memperbaikinya dari membongkar colokan charger laptop tersebut. Bisa anda lihat bagaimana colokan charger setelah saya bongkar :D


Gambar diatas adalah gambar colokan charger laptop yang sudah saya bongkar karetnya. Kemudian saya copot bagian pin tengahnya dengan menggunakan tang cucut atau tang lancip. Lihat gambar dibawah ini,


Pin jarum kecil sudah tidak ada karena patah.

Dari sebab itulah saya melakukan perbaikan dengan menambahi jarum kecil dengan menggunakan pin sisir yang sudah saya jadikan lebih kecil dengan meng-kikir-nya. Jarum kecil tersebut saya solderkan ke bagian pin yang patah. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah,


Hasilnya seperti ini,


Setelah proses penyolderan pin dan jarum, saya masukan kembali pin tersebut ke lubang bagian tengah konektor charger tersebut. Dan hasilnya seperti ini,


Selesai bro! Akhirnya jadi juga :D


Agar rapi kemudian saya bungkus kembali dengan menggunakan karet pembungkus aslinya dan saya balut dengan isolasi. Alhamdulillah sekarang adaptor/charger laptop adik saya sudah bisa digunakan seperti biasanya. Gimana sob? Mudah kan? :D
Share this article :
About Me
Tirta Wahyu, memiliki hobi gowes bersepeda dan menyukai travelling. Bloging untuk belajar dan bertukar informasi dengan sesama netizen di seluruh dunia. Salam kenal ^_^
Follow me on:
Instagram @tirtawahyu
Twitter @tirtawa

6 comments

Lingga Pangesti November 12, 2014 at 7:59 PM admin

mas dapet colokan dc yang lebih kecil dari itu dimana? dc saya yang rusak justru tipe yang paling kecil dan gak berani diutakatik sendiri. makasi infonya :)

Tirta Wahyu November 13, 2014 at 8:03 PM admin

yg mana ya? kan dah tak jelasin di atas yg kecil itu dari soket sisir :D

Lingga Pangesti November 17, 2014 at 8:11 PM admin

yang colokannya deng. "Di beberapa toko elektronik tidak tersedia sama sekali, yang ada hanya colokan yang lebih kecil dari colokan laptop adik saya.?" itu cari dimana?
ukuran charger laptop saya 2.5x0.88mm, kira-kira dimana carinya mas? udah ke beberapa toko gak ketemu.

Tirta Wahyu November 18, 2014 at 3:44 PM admin

iya, aku jg sempet cari di toko elektronik emg gak ada,
mending beli charger baru aja,
atau alternatif lain ya dimodif seperti diatas =D

cara menghasilkan uang dari internet February 3, 2015 at 2:32 AM admin

trims banget untuk tipsnya. blog seperti ini yang saya suka..selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca..update trus sob

Endou Naozumi January 8, 2016 at 9:11 AM admin

klau cas laptopya gak hidup, trus klau sdah tersambung jadi sangat panas, dan kemudian mati lagi. kira" kerusakannya dibagian conectornya juga...? tolong dijawab

Post a Comment

Komentar akan langsung muncul tanpa moderasi, namun komentar berbau SPAM seperti:
> promosi produk atau kampanye
> menggunakan keyword di form nama
> mencantumkan link aktif di form komentar
> memakai shortlink di form url/bukan url home page
Akan dianggap sebagai SPAM, dan masuk di folder spam, atau bisa juga komentar saya hapus. Mari berkomentar dengan bijak! Gunakan emoticon diatas ya sob! Matur thanks! :D

Follow Me

Blogger Friends