Wednesday, February 12, 2014

Tips cara mudah merawat kamera digital SLR

Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara paling mudah untuk merawat dan membersihkan kamera digital SLR. Di era modern saat ini kita tidak asing lagi dengan yang namanya kamera. Kamera adalah perangkat untuk menangkap objek nyata secara analog maupun digital yang menghasilkan sebuah gambar realistic. Halah susah jelasinnya sob :P

Siapa sih yang nggak tau kamera digital? Semua orang pasti tau sob! Bahkan masing-masing memilikinya. Bener gak? Handphone yang dulu hanya untuk sms dan telpon pun saat ini sudah berevolusi menjadi smartphone yang dibekali dengan berbagai fitur canggih, termasuk kamera digital di dalamnya.


Namun bila anda memiliki kamera digital, anda harus rajin merawat dan membersihkannya secara rutin. Nah, berikut ini sob tips cara mudah merawat kamera digital, simak yah!

1. Jauhkan dari Kapur Barus.

Pertama anda harus mengetahui bahwa kapur barus termasuk benda padat yang berubah menjadi gas, yang sangat ampuh menjadi "perusak" terhadap kamera milik anda. Kapur barus dapat merusak bagian-bagian jalur PCB yang didalamnya terdapat chip-chip kamera dan beberapa elemen chip itu sendiri. Uap dari kapur barus juga dapat menodai dan membuat ‘flek’ pada lensa kamera anda. Alangkah baiknya kamera anda disimpan diwadah khusus untuk menyimpan kamera. Perlu anda ketahui, kerusakan kamera yang diakibatkan oleh kapur barus biasanya tak bisa diperbaiki lagi. Maka, jangan sekali-kali menyimpan kamera di dalam lemari apapun yang telah diisi kapur barus atau kamper pengharum pakaian.

2. Hindarkan dari Sinar Matahari

Jagalah selalu kamera milik anda, agar selalu terlindungi dari kontak sinar matahari langsung secara berlebihan. Panas yang berasal dari sinar matahari dapat merusak komponen di dalam kamera yang terbuat dari plastik dan karet, serta komponen elektronik yang lain di dalamnya.

3. Hindarkan dari goncangan

Hindari membawa kamera pada tempat yang rawan goncangan. Gunakan tempat/tas khusus kamera untuk menaruhnya guna menghindari goncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan fotografi anda.

4. Bersihkan Kamera dan Lensa

Setelah penggunaan kamera, sebaiknya bersihkan kamera dan lensa anda dengan pembersih khusus kamera. Alangkah baiknya kamera dibersihkan satu minggu sekali. Gunakan lap kering yang bersih dan tak kasar untuk membersihkan kamera bagian luar. Secara teratur membersihkan bagian-bagian kamera yang sulit dijangkau dengan menggunakan blower pembersih kamera. Untuk membersihkan lensa yang terkena noda, misalnya terkena jari yang berminyak dapat memakai tissue khusus yang banyak dijual di toko kamera.

5. Hindari goresan pada lensa

Anda dapat mengantisipasi goresan pada lensa dengan menambahkan peripheral berupa filter. Pada umumnya, filter yang digunakan menjadi pelindung adalah jenis filter UV (Ultra Violet) atau filter skylight. Sedangkan untuk menghindari goresan di bagian depan lensa, usahakan selalu memasang "frontcup" maupun "bodycup" penutup saat lensa dilepas dari badan kamera.

6. Hindarkan dari air laut

Orang berlibur dipantai biasanya membawa kamera untuk berfoto ria. Namun anda harus hati-hati sob! Jika anda menggunakan kamera untuk berfoto di pantai, maka jagalah agar kamera tak terkena air laut atau bahkan jatuh ke dalamnya. Air laut dapat menyebabkan karat yang sangat riskan terhadap kamera ataupun perangkat elektronik yang lainnya, kecuali perangkat kamera yang memang dirancang untuk bisa beradaptasi dengan air. Bersihkan dengan lap seusai berfoto ria di pantai, karena uap air laut sangat cepat bereaksi dengan logam yang ada di kamera tersebut.

7. Jaga agar jangan terjatuh

Anda harus memastikan untuk menempatkan kamera kesayangan anda di tempat yang paling aman. Bila anda menempatkan dimeja jangan sampai menempatkannya dipinggir meja. Taruh di lemari khusus untuk menyimpan kamera agar kamera terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh.

8. Service resmi

Kamera anda harus mendapat perawatan khusus. Dalam kurun waktu tertentu, alangkah baiknya kamera diservice ditempat khusus kamera, yaitu di service center merek kamera tersebut. Jangan menunggu kamera anda rusak duluan kemudian baru diservis. Servis yang saya maksudkan adalah ‘servis besar’, yang meliputi pembersihan bagian dalam kamera, seperti pembersihan lensa dari jamur yang menempel atau juga penyesuaian setelan-setelan utama kamera. Dan jangan terlalu sering untuk mencuci lensa atau membersihkannya, karena mutu gambar akan menurun.

Itu tadi sob 8 tips cara mudah merawat kamera digital SLR. Semoga bermanfaat!
Share this article :
About Me
Tirta Wahyu, memiliki hobi gowes bersepeda dan menyukai travelling. Bloging untuk belajar dan bertukar informasi dengan sesama netizen di seluruh dunia. Salam kenal ^_^
Follow me on:
Instagram @tirtawahyu
Twitter @tirtawa

Post a Comment

Komentar akan langsung muncul tanpa moderasi, namun komentar berbau SPAM seperti:
> promosi produk atau kampanye
> menggunakan keyword di form nama
> mencantumkan link aktif di form komentar
> memakai shortlink di form url/bukan url home page
Akan dianggap sebagai SPAM, dan masuk di folder spam, atau bisa juga komentar saya hapus. Mari berkomentar dengan bijak! Gunakan emoticon diatas ya sob! Matur thanks! :D

Follow Me

Blogger Friends