Tuesday, August 12, 2014

Cara melacak smartphone yang hilang dicuri dengan Android Device Manager

Kali ini saya berbagi tentang bagaimana cara melacak dan mencegah pencurian smartphone android dengan tool yang telah disediakan oleh Google yaitu Android Device Manager. Sering kali pemilik smartphone android pasrah dengan keadaan dimana dia harus kehilangan barang berharganya. Smartphone sekarang sudah menjadi suatu kebutuhan, bila hilang tentunya pemilik akan merasa sangat kehilangan, terlebih lagi bila smartphone berisi data-data penting pemiliknya. Maka dari itu pengamanan perangkat smartphone sangat penting.

Ada banyak cara untuk mencegah maupun melacak smartphone android yang hilang dicuri ataupun anda lupa dimana menaruhnya. Salah satunya yang saya sampaikan adalah melacak smartphone android menggunakan tool Android Device Manager. Tool dari Google ini gratis untuk dipergunakan secara personal dengan login dengan akun Google yang anda gunakan pada perangkat smartphone android milik anda. Untuk menggunakan tool yang powerfull ini, anda harus melalui pengaturan pada perangkat smartphone anda.

Berikut cara mengatur pelacak smartphone android,

Pertama anda harus mengatur pelacak pada smartphone dengan masuk ke menu "pengaturan" smartphone, kemudian masuk ke menu "keamanan", pilih "administrator perangkat", dan centang pada "pengelola perangkat" atau "device manager"

Jika sudah, tahap kedua adalah anda harus masuk ke akun Android Device Manager melalui PlayStore (https://play.google.com/store) dengan klik roda gerigi disebelah kanan atas. Lebih jelasnya lihat gambar yang saya kotak merah berikut ini,

melacak handphone yang hilang

Kemudian anda akan dibawa ke bagian Android Device Manager seperti tampilan berikut ini,


Android Device Manager akan mencari lokasi anda secara otomatis, apabila perangkat anda belum juga ditemukan, anda dapat meng-klik simbol GPS yang ada dibagian kanan atas seperti pada kotak yang saya beri warna merah. Dapat anda ulangi sampai device/perangkat smartphone anda ketemu lokasinya.

Ada beberapa fitur diantaranya,

Ring, yaitu fitur untuk membunyikan smartphone dari jarak jauh yang berfungsi untuk mencari perangkat smartphone dari bunyi apabila kita masih berada dekat dengan perangkat smartphone yang hilang.

Lock, fitur untuk mengunci smartphone dari jarak jauh dan juga bisa me-reset/mengganti password akun anda agar tidak digunakan orang lain untuk berbuat hal yang tidak diinginkan.

Erase, yaitu fitur untuk menghapus data yang berada di smartphone yang telah hilang. Gunakan fitur erase ini dengan bijak, bisa anda gunakan apabila perangkat yang telah dicuri berada sangat jauh dari jangkauan anda, atau apabila anda sudah ikhlas dengan perangkat smartphone anda.

Perlu anda ketahui, akun untuk menggunakan Android Device Manager harus sama dengan akun yang anda gunakan pada smartphone milik anda. Koneksi internet sangat wajib untuk konfigurasi pelacak smartphone ini. Ditambah beberapa perangkat pendukung seperti PC maupun laptop untuk mengakses Android Device Manager, namun bisa juga dengan perangkat smartphone milik anda sendiri.

Bagaimana sobat? cara melacak smartphone yang hilang sangat mudah bukan? Apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah! Semoga bermanfaat :D
Share this article :
About Me
Tirta Wahyu, memiliki hobi gowes bersepeda dan menyukai travelling. Bloging untuk belajar dan bertukar informasi dengan sesama netizen di seluruh dunia. Salam kenal ^_^
Follow me on:
Instagram @tirtawahyu
Twitter @tirtawa

1 comments:

Nugroho Santoso November 11, 2014 at 10:27 AM admin

thank mas :-bd

Post a Comment

Komentar akan langsung muncul tanpa moderasi, namun komentar berbau SPAM seperti:
> promosi produk atau kampanye
> menggunakan keyword di form nama
> mencantumkan link aktif di form komentar
> memakai shortlink di form url/bukan url home page
Akan dianggap sebagai SPAM, dan masuk di folder spam, atau bisa juga komentar saya hapus. Mari berkomentar dengan bijak! Gunakan emoticon diatas ya sob! Matur thanks! :D

Follow Me

Blogger Friends