Wednesday, September 3, 2014

Tips jitu memilih sarung Laptop yang tepat

Perlindungan terhadap laptop bukan perkara sepele. Lalai dalam memberikan proteksi yang cukup bisa mengakibatkan laptop tidak panjang umur. Model-model laptop tertentu didesain lebih tahan guncangan. Walau begitu, bukan berarti laptop tersebut tidak memerlukan perhatian dari pemiliknya. Memasukkan laptop ke dalam sarung laptop merupakan satu pilihan bagus untuk melindungi laptop dari guncangan ketika dibawa ke sana ke mari. Penggunaan sarung laptop juga banyak disarankan sebagai cara membersihkan layar laptop dan bagian-bagian lainnya serta menjaganya tetap bersih lebih lama. Setelah dimasukkan ke dalam sarungnya, laptop bisa langsung dibawa begitu saja atau, untuk keamanan ekstra, dimasukkan ke dalam tas laptop.

Banyak beredar model-model sarung laptop dengan berbagai desain. Penampilan luar sarung laptop bukan yang utama. Struktur dan komposisinya lebih penting bagi kebersihan dan kelangsungan jangka panjang perangkat portabel ini.


Perbedaan Sarung dan Tas Laptop

Baik sarung maupun tas laptop merupakan bentuk perlindungan eksternal bagi fisik laptop. Keduanya harus memiliki struktur yang bisa meredam guncangan dan menahan gesekan dari luar. Apa beda antara keduanya? Sarung laptop memiliki hanya satu kompartemen yaitu ruang untuk laptop. Tidak ada tempat untuk benda-benda lain. Karenanya, sarung laptop cenderung langsing, sederhana, dan pas menyelimuti bodi laptop serta tidak jauh lebih tebal daripada laptop itu sendiri. Sebaliknya, tas laptop pada dasarnya merupakan tas biasa yang memiliki kantong untuk laptop di dalamnya. Tas laptop memiliki lebih dari satu kompartemen, misalnya ruang untuk dokumen, celah untuk mouse dan adaptor, kantong untuk alat tulis, dan lainnya. Sarung laptop cenderung lebih ringan dan lebih murah dibandingkan tas laptop.

Petunjuk Memilih Sarung Laptop

Pemilihan sarung laptop yang menawarkan perlindungan maksimum dan sesuai dengan gaya bisa menjadi investasi tak mahal namun menguntungkan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Ukuran sarung laptop harus pas, tapi tidak terlalu ketat, dengan ukuran laptop untuk perlindungan maksimum. Carilah ukuran sarung laptop yang tidak terlalu sempit dan tidak longgar juga. Tips mudahnya adalah dengan memadankannya dengan ukuran laptop. Misalnya untuk laptop ukuran 14 inci, pilihlah sarung yang berukuran sama. Jika tidak yakin ketika membeli melalui internet, gunakan nomor model laptop untuk mencari sarung yang tepat.
  • Bahan kanvas, mikrofiber, polyester, neoprene, atau bahkan kulit bisa dipilih sesuai selera dan peruntukannya. Neoprene menawarkan perlindungan terbaik. Jika laptop kebanyakan dijinjing begitu saja, pilihlah sarung dengan bantalan lebih tebal karena laptop yang dijinjing lebih rentan jatuh. Laptop yang dibawa di dalam tas tidak memerlukan sarung dengan bantalan tebal. Kualitas sarung laptop yang bagus bisa dilihat dari jahitannya yang rapi dan kencang.
  • Desain sarung laptop ada bermacam-macam dalam berbagai bentuk. Ada yang menyerupai amplop, koper, ikon komputer, makhluk lucu dan lain-lain. Velcro atau retsleting adalah penutup sarung laptop yang ideal karena aman untuk laptop dan lebih mudah dioperasikan, terutama ketika harus mengeluarkan laptop untuk pemeriksaan keamanan di bandara-bandara tertentu.
Sarung laptop juga berfungsi sebagai pemisah laptop dari dunia luar. Kotoran dan debu lebih mudah menempel pada laptop yang dibiarkan telanjang. Sebelum memasukkan laptop ke dalam sarungnya, pastikan laptop dalam keadaan bersih dengan mengikuti cara membersihkan layar laptop dan bagian-bagian lainnya secara benar. Ingat, memperbaiki laptop yang rusak jauh lebih mahal daripada membeli sarung laptop berkualitas dan merawatnya.

Artikel kiriman dari Banyu
Share this article :
About Me
Tirta Wahyu, memiliki hobi gowes bersepeda dan menyukai travelling. Bloging untuk belajar dan bertukar informasi dengan sesama netizen di seluruh dunia. Salam kenal ^_^
Follow me on Twitter @tirtawa

Post a Comment

Komentar akan langsung muncul tanpa moderasi, namun komentar berbau SPAM seperti:
> promosi produk atau kampanye
> menggunakan keyword di form nama
> mencantumkan link aktif di form komentar
> memakai shortlink di form url/bukan url home page
Akan dianggap sebagai SPAM, dan masuk di folder spam, atau bisa juga komentar saya hapus. Mari berkomentar dengan bijak! Gunakan emoticon diatas ya sob! Matur thanks! :D

Follow Me

Blogger Friends